BARCELONA, dariredaksi — Akses Facebook lewat SMS mungkin bukan hal baru. Sejumlah operator GSM, termasuk di Indonesia, sudah menyediakan layanan tersebut. Namun, untuk bisa menggunakannya mungkin perlu proses registrasi dan menghafal kode-kode untuk update status, cek kiriman pesan, dan fitur lainnya.

Nah, untuk memudahkan akses Facebook melalui SMS, kini sudah tersedia kartu SIM khusus. Facebook dan Gemalto, produsen cip terkemuka dari Belanda, telah mengembangkan kartu SIM yang sudah tertanam aplikasi Facebook. Dengan kartu tersebut, pengguna bisa lebih mudah mengakses fitur-fitur Facebook.

“Gemalto telah mengembangkan solusi kreatif untuk Facebook di SIM sehingga pengguna tanpa akses data tetap dapat terhubung ke teman-teman di Facebook dengan cara yang terjangkau,” kata Henri Moissinac, Head of Mobile Business Facebook. Kartu SIM yang unik tersebut dipamerkan dalam ajang Mobile World Congress 2011 (MWC 2011) yang digelar 14-17 Februari 2011 di Barcelona, Spanyol.

Namun, tentu saja yang didukung hanya fitur dasar, seperti update status, menyetujui permintaan tema baru, menulis di wall teman, dan membalas pesan. Jangan harap dapat melihat foto atau bermain game.

Kartu SIM khusus Facebook ini melengkapi terobosan sebelumnya yang dilakukan Facebook untuk memudahkan pengguna terhubung tanpa tergantung jenis handset. Pada akhir Januari lalu, Facebook meluncurkan aplikasi untuk ponsel kelas menengah ke bawah. Aplikasi yang dikembangkan bersama Snaptu itu menyediakan navigasi yang mudah di 2.500 model ponsel dari Nokia, Sony Ericsson, LG, dan lainnya.

Facebook menggandeng operator di berbagai negara untuk menyediakan akses ke aplikasi tersebut secara cuma-cuma. Penggunanya akan bebas membayar biaya langganan selama 90 hari untuk menikmatinya seperti waktu Facebook meluncurkan situs mobile 0.facebook.com.
(sumber: kompas)