BARCELONA, dariredaksi — Rumor mengenai ponsel Facebook sudah beredar sejak beberapa bulan lalu. Namun, kepastiannya baru terjawab sekarang. Satu demi satu, produsen ponsel merilis produk yang dirancang secara spesial untuk jejaring sosial tersebut.

Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, pun mengirim pesan khusus di arena Mobile World Congress 2011 (MWC 2011) saat HTC meluncurkan dua model ponsel Facebook, Selasa (15/2/2011). Lewat rekaman video, Mark Zuckerberg menegaskan, pihaknya tak akan membuat ponsel sendiri. Namun, akan banyak ponsel Facebook yang dibuat mitra produsen perangkat kerasnya.

“Banyak yang telah membuat ponsel Facebook sendiri. Namun, tahun ini Anda dapat berharap melihat puluhan ponsel dengan integrasi sosial jauh lebih dalam daripada yang Anda lihat saat ini,” kata Mark Zuckerberg. Ponsel-ponsel tersebut menggunakan Facebook Social Graph API yang memungkinkan akses ke berbagai fitur Facebook menjadi lebih mudah.

Di ajang MWC 2011 di Barcelona, Spanyol, produsen ponsel dari Taiwan, HTC, memperkenalkan dua model ponsel Facebook, HTC Salsa dan HTC Chacha. Keduanya dilengkapi tombol langsung di kanan bawah yang bisa digunakan pengguna untuk terhubung langsung ke fitur-fitur Facebook.

Sebelumnya, perusahaan dari Inggris, INQ, telah lebih dulu meluncurkan dua model ponsel Facebook, yaitu INQ Cloud Touch dan INQ Cloud Q. Keduanya dilengkapi aplikasi yang memanfaatkan Facebook Social Graph API dan user interface yang memudahkan pengguna mengakses semua fitur Facebook dari ponselnya.
(Sumber: Kompas)