Jakarta (dariredaksi) – Hewlett-Packard Co memperkenalkan komputer tablet “TouchPad” yang akan masuk pasar pada musim panas tahun ini. TouchPad akan menantang iPad dari Apple Inc yang sedang mendominasi pasar.

Seperti diberitakan Reuters, tablet 9,7 inci tersebut menggunakan webOS dari Palm. HP yakin masih ada tempat untuk platform perangkat lunak mobile selain buatan Google Inc.

Tablet seberat 1,5 pound itu dilengkapi fitur dual-core chip Qualcomm Inc, mendukung video calling, dan perangkat lunak Flash dari Adobe System.

HP mengatakan harga TouchPad akan bersaing dengan iPad, yang harganya dimulai dengan 499 dolar AS. Versi pertama TouchPad hanya model WIFI dan pada akhir tahun akan keluar versi 3G kompatibel.

Perusahaan teknologi dengan pendapatan terbesar di dunia itu pada hari Rabu juga mengumumkan Veer dan Pre3, smartphone baru.

Keduanya juga menggunakan perangkat lunak WebOS. Palm, perusahaan perintis peralatan genggam yang musim panas tahun lalu diakuisisi HP dengan harga 1,2 miliar dolar.

Perusahaan itu menggarisbawahi ada sejumlah mitra yang akan menggunakan konten berbasis webOS. Amazon.com akan menawarkan aplikasi e-reader gratis yaitu Kindle dan Time Inc akan menawarkan langganan majalah Sports Illustrated dan People.

Para eksekutif HP juga menekankan bahwa webOS adalah platform yang akan digunakan ke berbagai perangkat termasuk komputer pribadi pada akhir tahun ini.

“Kami berpikir jauh ke depan. Kami berkomitmen untuk memperluas jejak WebOS seiring tahun berjalan,” kata kepala divisi personal komputer Todd Bradley.

HP mengatakan webOS akan “melengkapi” perangkat lunak Microsoft Windows pada PC dan bukan menggantikannya. Tapi, HP menolak untuk memberikan rincian lebih jauh.

Banyak pihak memandang WebOS sebagai platform yang kuat, tapi HP dinilai akan menghadapi perjuangan yang berat untuk mendapatkan traksi di pasar ponsel.

Produknya datang pada saat pasar sudah lebih dulu diterpa perangkat Apple yang menggunakan Google Android.

TouchPad hadir saat Research in Motion Ltd bersiap meluncurkan Playbook, belum lagi para pesaing lain juga segera mengumumkan produk mereka untuk meramaikan pasar tablet.

“Produk ini punya peluang mengalahkan RIM dan tablet Android lainnya kecuali Apple. Tahun ini tidak, tahun depan juga tidak. Konsumen akan mempertimbangkan touchpad, dan kemudian membeli iPad,” kata Sarah Rotman Epps dari Forrester Research.

Dia memperkirakan HP akan memberi kendali lebih besar bagi penyedia konten terhadap data pelanggan dan cara penjualan. Apple dikenal tidak fleksibel untuk urusan itu.

HP sebagai pemain yang “telat” masuk pasar mobile harus menyediakan dana besar dan pemasaran yang agresif.

Kelompok penelitian IDC memperkirakan pasar smartphone meningkat 25 persen tahun ini sedangkan pasar PC tumbuh tak sampai 10 persen.

Lembaga iSuppli memprediksi pasar tablet meningkat lebih dari tiga kali lipat. Sebaliknya, IDC memperkirakan kurang dari 10 persen pertumbuhan di pasar PC tahun ini.
(Sumber Antara)