Dariredaksi- Sebanyak lima bank Indonesia masuk dalam daftar 500 Merek Bank Paling Bernilai Sedunia 2011 alias The World’s 500 Most Valuable Banking Brands 2011. Posisi pemuncak daftar yang dirilis oleh perusahaan konsultan merek Brand Finance ini adalah Bank of America dengan nilai merek mencapai 30,619 miliar dollar AS.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk menempati peringkat teratas untuk perbankan Indonesia dan satu-satunya merek bank Indonesia yang masuk 200 besar, di posisi 195 dengan brand value senilai 682 juta dollar AS.

Sekretaris Perusahaan Bank BRI Muhamad Ali mengatakan, prestasi ini merupakan hasil kerja keras dari semua jajaran pekerja dan manajemen Bank BRI. “Prestasi yang membanggakan bagi kami. Banking brand BRI makin dikenal luas di seluruh dunia,” ujar Ali.

Adapun 4 bank lainnya yang masuk ke dalam daftar ini adalah Mandiri di peringkat ke-208, disusul PT Bank Central Asia Tbk (225), dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (226), serta PT Bank Danamon Tbk (311).

Peringkat bank-bank Indonesia ini masih kalah dengan bank-bank dari negeri tetangga seperti Malaysia yang menempatkan CIMB di posisi 106 dan Maybank (118), serta Singapura yang menempatkan UOB (124) dan OCBC Bank (146).

Brand Finance merupakan konsultan penilai merek dunia yang membantu banyak perusahaan papan atas dunia memaksimalkan merek dan aset tidak terlihat lainnya (Sumbar: Kompas)