SAN FRANCISCO, Terungkap sudah spekulasi kenapa halaman fan page pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg bisa disusupi hacker. Facebook akhirnya mengakui ada bug (masalah) di fitur tersebut sehingga seseorang bisa menyusupkan pesan ke halaman fan page seolah-olah langsung dari Mark Zuckerberg.

“Sebuah bug memungkinkan status yang ditulis orang yang tidak punya hak tampil di sebagian halaman-halaman publik,” kata juru bicara Facebook dalam email seperti dilansir AFP, Kamis (27/1/2011) ini. Ditambahkan, masalah tersebut telah berhasil diatasi dan dihapus dari fan page aslinya.

Saat ini, halaman yang sempat disusupi hacker itu sudah dihapus dan tidak dapat diakses lagi. Bahkan, tak muncul di halaman cache layanan search engine seperti Google dan Bing. satu-satunya bukti saat ini screenshot yang sempat dibuat situs web Techcrunch.com yang melaporkan hal itu.

Hacker menuliskan pesan yang menyarankan Mark Zuckerberg mengikuti langkah penerima Nobel Perdamaian Muhammad Yunus dan menjadikan Facebook menjadi organisasi sosial saja yang menarik donasi dari publik ketimbang komersil. Dalam pesannya juga disisipkan hashtag “hackercup2011” yang merupakan kompetisi pemrograman tingkat internasional yang diselenggarakan Facebook.
Sumber : kompas/FP