[LOS ANGELES]
Film Avatar akhirnya menggeser posisi film Titanic yang sudah 13 tahun bertengger diposisi box office dunia. Avatar hanya mebutuhkan dua juta dolar amerika serikat untuk menyamai pendapatan Titanic US$ 1,843 miliar. Angka ini sudah pasti diperoleh, karena saat ini film garapan James Cameron itu masih diputar disejumlah negara. Jadi, bisa dipastikan, pekan ini avatar menenggelamkan prolehan Titanic.
Dengan hasil ini, James Cameron menjadi sutradara pertama yang membuat rekor dua kali film garapanya berada di posisi teratas box office dunia. Karena titanic yang dibintangi Kate Winslet dan Leonardo de’Caprio juga adalah garapan Cameron.
Sejak peluncuranya, pada pertengahan desember 2009 lalu, avatar sudah disebut menjadi film yang bakal merajai box office dunia. Hal ini terbuki, ketika film ini enam kali berturu-turut berada di puncak box office amerika utara.

“itu pasti akan terjadi juga (Titanic dikalahkan oleh film lain, Red). Hanya masalah waktu,” ujar sutradara James Cameron dalam sebuah wawancara dengan MTV. Keberhasilan Avatar mengguling Titanic tentunya berkat sumbangan dari pemutaran di berbagai negara, film yang berkisah tentang Planet Pandora ini juga berhasil menduduki puncak teratas box office. Di Eropa dan Amerika selatan, Avatar menjadi film yang mendmpati posisi teratas. Di Prancis, film ini berhasil mengumpulkan US$ 123,3 JUTA. Sementara di jerman US$ 95,7 juta, dan Ingris US$ 92,9 juta. di asia, pemutaran Avatar di Korea Selatan meraup US$ 79,5 juta, dan jepang US$ 77,7 juta. Namun, pendapatan terbesar Avatar dari pemutaran di luar AS dan Kanada, berasal dari Tiongkok dan Rusia. Di Tiongkok, kantor berita Xinhua menyebutkan, film ini menjadi film terlaris sepanjang masa di negri itu, hanya dalam satu pekan pemutaranya. Avatar, sebuah kisah tentang planet luar yang dibuat dengan format 3D dianggap menjadi masterpiece untuk film-film fiksi ilmiah. Sutradara James Cameron, sebelum meluncurkan film ini sempat menyatakan bahwa kisahnya kali ini akan dijadikan panduan untuk saga atau game yang sekiranya akan dibuat seusai peluncuran film ini.
Cameron sengaja membuat film ini dengan gaya berbeda dari cerita yang sudah ada. Banyak hal kemudian dimasukan untuk menambah kuat pesan filmnya. Dengan teknologi Computer Generated Images (CGI), Cameron menciptakan Planet Pandora yang luar biasa. [sumber: suara pembaruan, reuter/K11]Avatar