tahukah kamu? Ditahun 2000 SM disamaria ditemukan sari bunga opion yang sekarang ditemukan opium. Yupz opium itu adalah candu atau papavor somniferitum. Bunga ini tubumbuh subur didataran tinggi dengan ketinggian 500 meter dari permukaan laut. Lalu tahun 1806 seorang dokter dari westphalia bernama Fredrich wilhelim, meracik candu dengan amoniak menghasilkan zat bernama morphin yang diambil dari nama dewi mimpi yunani yg bernama morphius. Nah pas tahun 1856 amerika serikat terjadi perang sodara, banyak orang ngegunain morphin untuk ngilangin rasa sakit akibat luka.

Ditahun 1874 ada ahli kimia yg brnama Alder Wright dari london merebus cairan morphin dengan asam anhidrat (cairan asam yang ada pada sejenis jamur) obat ini akhirnya diproduksi oleh pabrik obat Bayer di tahun 1898 dengan nama heroin sebagai obat resmi penghilang rasa sakit.

Ada lagi obat yang bernama kokain dengan nama latin ery thorxylorcoca, obat ini sebnarnya dipakai untuk obat asma dan TBC. semakin maju teknologi tentantang obat-obatan akhirnya candu-candu tersebut dijual dalam berbagai macam setelah diberi campuran khusus dan jenisnya juga bertambah seperti extacy dan putaw
Red.